18 September 2012

Hello Android (Aplikasi Android Pertama Ku)

Assalamu alaikum.

Jujur aku g kenal Android Programming sama sekali. Tool untuk dukung android aku dapat dari adik tingkat di bangku kuliah, cari tutorial installnya di google. Java g kenal, pokoknya modal nekat aja. Jadi maklum aja jika ini sangat tidak sempurna.

Awalnya lihat daftar mata kuliah pilihan yang disajikan jurusan ada makul Mobile App Development. Pengen belajar, meskipun semua mata kuliah udah kelar, 5 makul pilihan juga udah diambil, aku pengen belajar aja. Pengen belajar juga APBO, tapi takut skripsi g kelar2. maklum dah semester 13. Terima kasih juga buat Pak Safaat, Sudah memberikan semangat, saya sudah hampir mundur membayangkan sulitnya membuat aplikasi Android ini, berkat bapak, saya jadi belajar Andoid.

Maaf kepanjangan intronya,
Ne hasil capture nya:



Katanya buat aplikasi hello word ini ada beberapa cara, ada yg merubah file xml ato juga java nya. aku g tau juga. Kali ini aku cuma mau berbagi kebodohan aku membuat aplikasi ini, semoga bisa jadi motivasi buat temen2, aku aja yg g ngerti sama sekali mau belajar, masak temen2 g mau.


Kalo aku, buat aplikasi ini dengan ngedit file main.xml dan bantuan grapical layout. enak kok tinggal tarik2 aja. kaya vb gitu lah. Tapi untuk kali ini aja. biar semangat. Saat aku mulai buat tugas yg kedua agak rumit juga. hehehehe, maklum newbi.

  • edit file main.xml dengan cari klik ganda.    

   
  • Nah di grapical layout ne tinggal tarik2 aja. Misal mau buat Tulisan NIM, tarik aja medium, ato small ke kanan.
 

  • Lo udah klik dua kali aja. Jadi akan masuk ke main.xml Tinggal ubah android:text nya jadi NIM kamu, ato teks apa yg ingin kamu tulis android:text="10651004344". 
  •  Udah kelar, hasilnya udah jadi, ne dia. 
 
Dah, abis dah. Maaf ya, kalo g detail jelasinnya. besok2 deh klo ada banyak waktu. Masalahnya da tugas lain yang belum selesai.

Wassalamu alaikum

1 comment:

  1. Makasih banyak bg ilmunya...
    jalan-jalan kesini yuk..
    coretanfaisal.blogspot.com

    ReplyDelete