16 February 2013

Mengapa kuliah lama selesai?

Saya adalah mahasiswa tingkat akhir Universitas negeri di Pekanbaru. Sudah semester 13 sekarang, dan sebentar lagi semester 14.

Hingga tulisan ini saya buat, tidak lebih dari 50% teman saya yang sudah lulus kuliah. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat kami sudah semester 13. 

Masalah umum yang kami hadapi adalah kesulitan menentukan topik skripsi yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan stres dan berkelanjutan menjadi kemalasan. 

Lalu mengapa hal ini bisa terjadi? Mengapa topik sulit dipilih? Apakah topik itu benar-benar sulit ditentukan?  Mengapa mahasiswa tingkat menengah dan tingkat akhir lebih banyak di kos dari pada di kampus? Mengapa pada akhirnya hanya dengan 3-4 bulan sebagian besar bisa lulus. Mengapa harus ditunda kelulusan itu hingga tingkat akhir?

Pengalaman pribadi saya, saya lambat menentukan topik skripsi saya karena saya merasa bimbang, antara mampu atau tidak saya dalam menyelesaikan topik yang akan saya pilih.

Masalah di atas kini telah selesai dengan menghubungi dosen dan saya meminta topik/ judul yang kira-kira saya mampu menyelesaikannya. Meminta topik kepada dosen lebih optimal dari pada hanya sekedar berfikir penuh keraguan di kamar kos.

Kini masalah yang saya hadapi adalah kemalasan ketika saya mulai mengalami hambatan dalam proses penyelesaian tugas akhir saya.

Semoga tulisan ini menjadi semangat bagi saya juga bagi teman-teman yang membaca. Penggalan kalimat dari MT yang menurut saya baik, "Dua hal besar yang membuat kemajuan anda terasa lambat adalah keragu-raguan dan penundaan. Orang yang bodoh tapi yakin lebih hebat dari pada orang pintar tapi ragu"

4 comments:

  1. Sedikit saran dari orang yang yang bodoh yang kebetulan ALLAH ngasih kemudahan dalam menyelesaikan kuliah mas .....

    ini saran saya :

    (sedikit mengutip dari Ustad Yusuf Mansyur)

    * ALLAH dulu,
    * ALLAH lagi,
    * ALLAH lagi,
    * Baru aksi
    * Aksi - Aksi dan aksi
    * baru ALLAH lagi

    Percuma kita mikir sampe puyeng jika ALLAH berkehandak jangan dulu, Percuma kita bolak balik kampus kalo ALLAH berkehandak lain, yang sudah saya coba adalah, kita lakukan dulu yang ALLAH inginkan INSYALLAH jika kita sudah melakukan yang ALLAH inginkan maka ALLAH akan ngasih apa yang kita harapkan (yang terbaik buat kita) " Pernah denger ayat disetiap ada kesulitan disitu ALLAH ngasih kemudahan", cuma kita kadang yang tidak sadar dimana kemudahan itu.

    mas dah ku follow blog sampyan : main2 ke blogg ku ya blogmasjoko.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. -_-
    ternyata penyakit gw udah komplikasi...
    males, ragu, suram, gak jelas...
    hiks,,,
    last chance...
    Akiramenai,,,, zettai ni...
    ganbarimasu... ore..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mas Joko. Semoga berkah untuk kita semua.

    Belum terlambat Bang Rahman. Mari berbenah bersama.

    ReplyDelete